Ubah Tampilan Interior Rumah, Lebaran Lebih Meriah


themaisonette.net
Selain menambah tampilan visual interior lebih estetik, plafon gipsum juga dapat memberikan deteksi dini jika ada rembesan air.
JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memperbarui tampilan dinding dengan mengganti warna cat tembok, kebiasaan menyambut Hari Raya Idul Fitri lainnya adalah membeli furnitur baru. Tentu saja, mengecat dinding atau membeli furnitur, membutuhkan biaya yang cukup besar.

Padahal, sebenarnya masih ada hal lain yang dapat dilakukan untuk mengubah tampilan interior rumah. Cara-cara tersebut berhubungan dengan penggunaan drywall atau papan gipsum. Berbeda dengan pandangan umum yang menganggap papan gipsum tidak tahan lama, sebaliknya justru mampu memberikan proteksi dan "alarm" bagi penghuni rumah.

System Development RepresentativePT Petrojaya Boral Plasterboard Suwarso mengatakan, kelemahan plafon gipsum, sebenarnya dapat dikatakan kelebihan. Begitu salah satu bagian plafon basah, dapat diketahui dengan cepat. Tidak perlu tunggu hingga plafon ambrol untuk mengetahui adanya kerusakan atap.

"Karena itu, berbagai kreasi plafon yang terbuat dari papan gipsum, memberikan keuntungan bagi penghuni rumah," ujar Suwarso kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (4/7/2013).


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Bagi mereka yang sudah memiliki plafon gipsum, dapat mengecat ulang tanpa perlu mengerok. Kalau sudah ada lis, bisa dengan mengubah warna lis. Hanya perlu sedikit model sebagai pembeda. Mungkin juga membuat kesan khusus, misalnya dengan ceiling rose.

Pertama, cara yang paling sederhana adalah dengan mewarnai plafon sesuai keinginan penghuni rumah. Mewarnai plafon gipsum relatif mudah dan cepat. Penghuni tidak perlu mengamplas dan mengerok cat sebelumnya. Jika perbedaaan warnanya cukup mencolok, misalnya cat sebelumnya berwarna jauh lebih gelap dari cat baru, warnai kembali dalam beberapa lapis.

Cara kedua adalah dengan menambahkan ceiling rose pada langit-langit ruangan. Ceiling rose ini cukup istimewa. Ruangan akan tampil cantik seketika hanya dengan biaya yang cukup rendah. Konsumen hanya perlu mengeluarkan Rp 100.000 untuk mendapatkan ceiling rose sederhanaberikut pemasangannya. Jika menginginkan ceiling rose dengan diameter dan detil yang rumit, tentu biayanya disesuaikan.
Ceiling rose dapat ditempatkan di daerah lampu, atau di tengah-tengah ruangan. Pastikan memilih ceiling rose sesuai dengan nuansa yang ada di dalam ruangan tersebut. Kesan klasik bisa didapat dengan memilih ceiling rose bercorak bunga dan ukiran. Sementara, ceiling rose yang lebih sederhana juga tersedia bagi ruangan-ruangan minimalis.

Dekorasi tersebut diperuntukkan bagi mereka yang sudah menggunakan plafon gipsum. Bagi mereka yang masih menggunakan tripleks, bisa melapisinya lebih dahulu dengan gipsum. Untuk mengubah plafon tripleks menjadi plafon gipsum, pastikan rangka plafon sangat kuat. Jika ternyata tidak kuat, lebih baik dibongkar dan menggunakan pemasangan baru, lengkap dengan rangka yang lebih kuat.

Jayaboard sendiri memiliki rangka khusus rumahan bernama Cjaya dan Easy Frame.  Cjaya merupakan solusi ekonomis sistem rangka berkualitas yang sesuai untuk luas area plafon 50 meter persegi, atau bentang bebas hingga tujuh meter. Sementara itu, Easy Frame merupakan sistem rangka plafon yang dapat digunakan hingga 100 meter persegi atau bentang bebas 10 meter.

Pemilik rumah dapat juga memberikan nuansa berbeda di dalam ruangan. Caranya, dengan   membuat drop ceiling. Berbeda dengan memasang ceiling rose yang hanya memakan waktu sekitar 30 menit, pengerjaan drop ceiling bisa mencapai satu hari penuh dengan dua orang pekerja. Meski membutuhkan waktu seharian, jangka waktu pengerjaan terbilang singkat. Pasalnya, plafon gipsum tidak membutuhkan curing time. Pasang lis seusai pengerjaan plafon gipsum juga dapat segera dilakukan.

Cara-cara ini cenderung sederhana, cepat pengerjaannya, dan murah. Jadi, tunggu apa lagi?
Editor :
Hilda B Alexander
sumber : kompas.com

Subscribe in Bloglines

Ditulis Oleh : Ayub Pujiyanto ~ Ud Aurelia Sanjaya

Ud Aurelia Sanjaya Anda sedang membaca artikel berjudul Ubah Tampilan Interior Rumah, Lebaran Lebih Meriah yang ditulis oleh Bangunan Sipil dan Konstruksi yang berisi tentang :Ubah Tampilan Interior Rumah, Lebaran Lebih Meriah by www.mandorayub.com | Silahkan Sebarkan jangan lupa Cantumkan Sumbernya Linknya

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Bangunan Sipil dan Konstruksi

Posted by: Ayub Pujiyanto-mandorayub Bangunan Sipil dan Konstruksi, Updated at: Thursday, July 04, 2013

0 komentar:

Post a Comment

-Jangan lupa di SHARE ya agar info Bangunan ini Bermanfaat bagi orang Lain
-Beri Komentar Anda yang terbaik

Back to top