Search This Blog

Loading...

Design rumah minimalis, rumah cluster

Design rumah minimalis
Akhir-akhir ini model rumah minimalis banyak ditemukan, rumah minimalis bukan lagi sekedar sebagai selera tapi seakan menjadi sebuah budaya yang menggambarkan perilaku masyarakat Indonesia dewasa ini yang cenderung menyukai hal-hal yang praktis, cepat dan simple.
Secara keseluruhan rumah minimalis dapat digambarkan berupa adanya bidang-bidang datar yang rapi, garis-garis lekukan, permodelan kubus yang simple, dan lain sebagainya, dalam segi warna rumah minilais seringkali dicat dengan perpaduan warna abu-abu, hitam dan putih.
Ketidak nyamanan yang sering ditemui pada rumah minamalis biasanya terjadi pada adanya bidang-bidang dinding yang terlalu berlebihan sehingga terkesan boros dan tidak simple, untuk itu diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam membuat design rumah minimalis, untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara membuat terlebih dulu tampilan 3 dimensi rumah minimalis yang akan dibangun, sehingga dapat terlihat bidang yang tidak perlu ada karena Lebih baik merevisi gambarnya daripada merevisi bangunan yang sudah dibuat sehingga dapat mengurangi resiko biaya terbuang untuk bongkar pasang.
Perkembangan gaya rumah minimalis yang begitu pesat juga menghasilkan berbagai macam type dari rumah minimalis itu sendiri contoh rumah minimalis tradisional, rumah minimalis modern, rumah minimalis religius, rumah minimalis sederhana, rumah minimalis klasik, dll.
Ditengah ketenaran model rumah minalis tentunya masih banyak lagi model-model rumah lainya yang menjadi ciri khas kebudayaan Indonesia baik itu tergambar dalam rumah adat maupun hasil rekayasa arsitek dari pikiranya maupuun penerjemahan angan-angan dan pikiran masyarakat kedalam visual gambar 2 dimensi selanjutnya diwujudkan sebagai suatu kesatuan benda yang diberi nama rumah.
Model rumah lainya misalnya design rumah joglo, design rumah meditirania, design rumah tropis, dsign rumah klasik, dan lain sebagainya
Tips membangun rumah minimalis
Dalam proses pelaksanaanya rumah minimalis memerlukan ketelitian pembuatan detail-detail bangunan sehingga dapat dihasilkan sebuah bangunan yang rapi, indah dan tentunya kuat bertahan lama.
Pembuatan garis – garis cekung pada dinding dapat menggunakan cetakan pipa pvc yang dibelah sehingga dapat dihasilkan garis-garis dengan ukuran lebar yang seragam dan serta lurus. Semen yang digunakan dalam bidang-bidang ini sebaiknya dalam jumlah yang cukup banyak, hal ini untuk mengurangi resiko pecah-pecah pada bangunan akibat kurang merekatnya adukan  ke dinding bata. karena perbaikan bidang-bidang tersebut lebih sulit daripada membuat baru.
Perkembangan rumah minimalis kedepanya semakin banyak tercipta design –design baru yang menambah variasi design rumah minimalis.

Model rumah cluster adalah bangunan tanpa pagar

Model rumah cluster adalah kumpulan bangunan tanpa pagar di perumahan dengan satu pintu gerbang utama sebagai alat control keamanan, dengan membeli rumah cluster berarti tidak boleh memodifikasi tampak depan dengan menambahkan pagar pribadi untuk mempercantik rumah maupun menambah keamanan. Kondisi ini tentu mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan yang harus ditanggung oleh penghuni komplek perumahan dengan model cluster, apa saja itu? Disini kita akan membahasnya, dan sebagai permulaan kita buat daftarnya sebagai pembuka diskusi tentang desain rumah cluster.

Kelebihan rumah cluster
  • Jenis perumahan ini cocok untuk daerah yang tingkat keamananya tinggi dan sifat gotong royong antar warga cukup besar sehingga bisa saling tolong menolong  dalam menjaga keamanan serta kebersihan lingkungan.
  • Setiap pribadi mempunyai tipe model rumah terbaik yang paling diminati, begitu juga dengan model rumah cluster yang tentunya ada yang menganggapnya sebagai jenis rumah idaman terbaik. Bagi yang kebetulan menyukainya maka membeli rumah cluster bisa jadi kebanggan tersendiri.
  • Bisa melakukan penghematan pagar karena tidak perlu membangun pagar pribadi.
  • Perumahan dengan model cluster biasanya lebih diperhatikan dari segi pertamanan sehingga aneka tumbuhan hijau dan bunga-bungaan bisa terlihat indah menyegarkan.
Kekurangan rumah cluster
  • Pada lokasi lingkungan perumahan yang tingkat keamananya rendah maka cukup beresiko jika hanya mengandalkan pagar utama untuk menjaga keamanan.
  • Adanya biaya tambahan untuk menggaji satpam atau security perumahan, namun disisi lain hal ini justru bagus karena bisa menciptakan lapangan kerja baru.
  • Keamanan lingkungan perumahan yang terjamin pada rumah cluster bisa jadi justru disalahgunakan oleh warga dengan memarkir kendaraan sembarangan dijalan sehingga bisa mengganggu tetangga atau pengguna jalan lain.
  • Tidak adanya kebebasan dalam memodifikasi tampilan arsitektur tampak depan rumah sehingga komplek terkesan standar  dan seragam.
  • Dalam membeli perumahan harus benar-benar menyukai desain rumah karena untuk menambah pernak-pernik kedepanya khususnya desain pagar bisa jadi tidak memungkinkan kecuali aturan rumah cluster sudah tidak lagi digunakan.

Begitulah kurang lebih beberapa kelebihan dan kekurangan perumahan model cluster, lalu  bagaimana menurutmu tentang  jenis rumah terbaru ini? Dan bagi yang punya pengalaman entah itu sebagai developer rumah cluster, arsitek atau penghuni komplek jenis ini bisa berbagi cerita disini :-)

Mandor Bangunan Mandor KONTRAKTOR PELAKSANA KONTRAKTOR PROFESIONAL MUDA KONTRAKTOR DI SURAKARTA KONTRAKTOR DI SOLO KONTRAKTOR DI SRAGEN KONTRAKTOR DI KARANGANYAR KONTRAKTOR DI BOYOLALI KONTRAKTOR DI SALATIGA KONTRAKTOR DI YOGYAKARTA KONTRAKTOR DI JOGYA KONTRAKTOR DI SEMARANG
Posted by: Ayub Pujiyanto
Ud AURELIA SANJAYA Updated at: Saturday, November 17, 2012