Daftar Harga / Upah Borong Tenaga 2013

HARGA / Upah BORONGAN Tenaga BANGUNAN 2013

di Sragen, Solo, Karanganyar, Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri (SOLO AREA)

berikut Daftar Harga / Upah Borong Tenaga 2013 berdasatkan Rumus SNI

DAFTAR PENAWARAN HARGA UPAH BORONG PEKERJAAN


PEKERJAAN PERSIAPAN

Pembersihan Lahan: 5.000/m2

Direksikit : 125.000/m2

Pembuatan Gudang : 120.000 /m2
Bouwplank : 43.000/m2
Pekerjaan Pemagaran: 22.500 /m1


PEKERJAAN GALIAN DAN PONDASI
Galian Tanah Pondasi : 85.000/m3
Bekisting Pondsi : 38.350/m2
Pasang batu kali : 92.500/m3
Urungan Tanah leveling lantai : 52.000 / m3

Perataan Tanah : 12.000 /m2

Pemadatan Tanah /Stamper :15.000/m2
Lantai Kerja : 15.000/ m2

Urug pasir : 7.000/m2


PEKERJAAN BETON BERTULANG
Beton Sloof 20× 40 : 48.000/m1
Bekisting sloof :38.350/m2
Beton Bertulang kolom Praktis 10× 12 : 38.000 /m1
Bekisting kolom :38.350/m2
Beton Bertulang Ring Balok 10× 12 : 44.000/m1
Bekisting balok :38.350/m2
Beton Balok Dak 40× 20 : 68.000/m1
Beton Plat Dak .: 58.000/m2
Bekisting Plat Dak :38.350/m2


PEKERJAAN PEMBESIAN

  • Besi 22" berat 23,2 kg/bt
  • Besi 16" berat 19 kg/bt
  • Besi 12" berat 10,8 kg/bt
  • Besi 10" berat 7,4 kg/bt
  • Besi 8" berat 4,7 kg/bt
  • Besi 6" ( begel ) --- BONUS PEKERJAAN
  • HARGA Rp. 3.000,-/kg
  • Khusus untuk Kolom Praktis 9/9 harga Rp. 4.000,- /m'


PEKERJAAN PASANG BATA

Pasang Bata merah: 31.280/m2
Pasang Hebel 7/20 : 20.000/m2
Pasang Hebel 10/20: 22.000/m2

Pekerjaan Plester+ Aci : 30.000/ m2
Sekonengan : 10.500/m1
Sudutan : 8.000/m1
Tali Air : 8.000 /m1


PEKERJAAN KUSEN
Pasang Kusen Pintu : 105.000/unit
Pasang Daun Pintu Panel : 145.000/unit
Pasang Kusen Jendela : 68.000/unit
Pasang Daun Jendela : 72.000/unit


JASA MELAMIN
Pintu : 425.000
Jendela : 250.000


PEKERJAAN RANGKA ATAP
Rangka Atap Baja Ringan : 120.000/m2 (termasuk bahan dan tenaga)
Pasang atap : 92.000/m2 ( termasuk pas Kuda2, usuk , reng)

Pasang Genteng : 20.000/m2
Karpus: 77.000/m1
Listplank : 37.000/m1 ( tergantung ukuran)
pekerjaan pasang talang : 38.000/m1


PEKERJAAN PLAPON
Pekerjaan pasang Plapon : 30.000/ m2
Pasang List Plapon : 12.500/ m1


PEKERJAAN KERAMIK Pasang Keramik Lantai

  • 30×30 : 27.000/m2
  • 40×40 : 30.000/m2
  • 50x50 : 30.000/m2
  • 60×60: 35.000/m2
  • 80×80: 38.600/m2
  • 100×100 : 46.400/m2

Pasang Keramik Lantai KM : 28.000/m2
Pasang Keramik Dinding 30x60: 48.000/m2
Pasang Keramik Plin : 20.000/ m1


PEKERJAAN LISTRIK
Stop Kontak : 58.000/titik
Fiting lampu + saklar: 68.000/titik


PEKERJAAN SANITARY WARE
Pasang Closet Duduk : 165.000/unit
Pasang Closet Jongkok : 95.000/unit
Pasang Wall Shower : 48.000/unit
Pasang Wastafel : 155.000/unit
Pasang Floordrain : 21.000/unit
Pasang Kran : 11.000/unit
Pasang Bath Up : 870.000/unit
Pasang Pipa Air Bersih1/2” : 17.500/ m1
Pasang Pipa Air Kotor/ inchi : 19.500/ m1
Bak Kontrol : 168.000/unit


PEKERJAAN PENGECATAN
Cat Dinding : 8.500/m2

Cat Kusen kayu : 18.000/m1
Cat Daun Pintu : 25.000/m2

Pengecatan Duco

  • cat kusen  : 80.000/m1 (berikut material)
  • cat daun jendela : 80.000/m1 (berikut material)
  • cat  daun pintu panel : 870.000/pintu (berikut material)
  • cat ram/list jendela : 32.000/m1 (berikut material
PEKERJAAN BONGKARAN
Bongkaran Atap : 40.000 /m2
Bongkaran Dinding : 18.000/m2
Pembersihan bongkaran : 15.000/m2



Borongan Tenaga Komplet =
Rp. 385.000 – 650.000, - / m2 ( luas bangunan)

Borongan Tenaga + Material untuk Rumah 2 lantai Borongan Tenaga + Material = Satu Lantai
Rp. 2.000.000, - / m2 ( luas bangunan)

Borongan Tenaga + Material = Dua Lantai
Lt. 01 = Rp. 1.700.000, - / m2( luas bangunan)
Lt. 02 = Rp. 2.200.000, - / m2( luas bangunan)
MAKLUM HARGA MATERIAL PADA NAIK DAN UPAH KERJA NAIK
di atas bisa berubah tergantung upah harian dan wilayah masing-masing HARGA / Upah BORONGAN Tenaga
Posted by: Ayub Pujiyanto
Ud AURELIA SANJAYA Updated at: Monday, January 28, 2013

48 comments:

  1. mahaall bangetttttt.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau Kemahalan Km Kasih Penawaran Berapa?
      Kasih donk contoh Penawarnya dari Kamu?????
      Apa Kamu JUga Kontraktor, Kalau Kamu Sudah SUb Ke 5 Baru MUrah Amat sangat

      Delete
  2. Pak,bisa ngga untuk mengerjakan Musholla di daerah Tangerang.Musholla 2 lt uk 5 X 6M.Berapa total biaya matrial dan ongkos tenaga kerjanya..?

    ReplyDelete
  3. ampun mahalnya,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau Kemahalan Km Kasih Penawaran Berapa?
      Kasih donk contoh Penawarnya dari Kamu?????
      Apa Kamu JUga Kontraktor, Kalau Kamu Sudah SUb Ke 5 Baru MUrah Amat sangat

      Delete
  4. KALAU TAU ATURAN YA TIDAK MAHAL, ITU SESUAI RUMUS, KALAU MAU MURAH Y, BRARTI SUDAH SUB KE 5 baru murah

    ReplyDelete
  5. Aja larang - larang mas lek go tender lak gak tau menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau menang tender Ya Silakan Kasih Harga Murah, bahkan semurah-murahnya. Ini Hanya Refrensi berdasarkan Rumus Teknk Sipil, Kadang Pemborong di Permainkan orang Kontraktor harga di buat semurah - murahnya Jadinti tau Siapa yang mempermainkan

      Delete
    2. mas...
      yang dipermainkan tenagane sampeyan...
      sampeyan mbayar neng tukange 50ewu nganti 60ewu
      tenagane 35ewu polll 40ewu

      Delete
    3. Lho, Melu Kerjo Dibayar Semono Gelem Ngopo Sampeyan dadak Protes, Emang Sampaeyan Tenogo Kulo. Makanya Jadilah Kontraktor, Jadi Boz Jadi Bisa UNtung, Tak Dukung Kalau Jadi Kontraktor Atau Pemborong, Boss. Monggo

      Delete
  6. beuh beuh,, larange puollllllll,,, rego ora umum,, mahal selangit... ckckck,,, duit kabeh kui? ALAMAKKKKK,, MAHALLLLLL,, KUJLI SRAGEN KARANGANNYAR,, KAN MURAH2 OM,,??"

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau Kemahalan Km Kasih Penawaran Berapa?
      Kasih donk contoh Penawarnya dari Kamu?????
      Apa Kamu JUga Kontraktor, Kalau Kamu Sudah SUb Ke 5 Baru MUrah Amat sangat

      Delete
  7. Pak
    Tolong dibantu berapa biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan rumah dengan uk. 36m2 , tinggi 3m atapnya di dak.
    Berapa total pengeluaran untuk material dan tukangnya ?
    terima kasih

    ReplyDelete
  8. HARGA BORONGAN TENAGA :
    • Galian Tanah = Rp. 37500,- /m3
    • Pas. Pondasi Batu Belah = Rp. 80000,- / m3
    • Beton Sloof 9/15 = Rp. 6000,- / m'
    • Beton Kolom 9/9 = Rp. 6000,- /m'
    • Beton Ring 9/9 = Rp. 6000,- /m'
    • Pas. Batu Bata = Rp.12000,- /m2
    • Plesteran = Rp. 8000,- /m2
    • Acian = Rp.8000- /m2
    • Sponengan = Rp. 6000,- /m'
    • Rangka Atap Kayu+Atap Genteng+Kerpus= Rp.55000,-/m2
    • Reyaman = Rp. 12000,- /m'
    • Rangka Plafond Kayu + Plafon = Rp.22000,-/m2(tanpa cat)
    • Rabat Beton Lantai = Rp. 8000,- /m2
    • Pas. Keramik Lantai = Rp. 17500,- /m2
    • Pas. List Keramik Lantai = Rp. 5000,- /m'
    • Plamir+Cat Dinding = Rp. 10500,- /m2
    • Instalasi Listrik = Rp. 40000,- /ttk
    • Pas. Daun Pintu = Rp.8000,- /bh
    • Pas. Daun Jendela = Rp. 45000,- /bh
    PEKERJAAN PEMBESIAN
    • Besi 22" berat 23,2 kg/bt
    • Besi 16" berat 19 kg/bt
    • Besi 12" berat 10,8 kg/bt
    • Besi 10" berat 7,4 kg/bt
    • Besi 8" berat 4,7 kg/bt
    • Besi 6" ( begel ) --- BONUS PEKERJAAN
    • HARGA Rp. 550,-/kg
    • Khusus untuk Kolom Praktis 9/9 harga Rp. 25000,- /m'
    KM/WC ( pas. keramik+bikin bak+plester+aci)
    • Luasan 4 m2 = Rp. 2.200.000,- (komplet)

    Borongan Tenaga Komplet =
    Rp. 550.000,- / m2 (luas bangunan)Borongan Tenaga + Material = Satu Lantai
    Rp. 2.200.000,- / m2 (luas bangunan)
    Borongan Tenaga + Material = Dua Lantai
    Lt. 01 = Rp. 2.250.000,- / m2 (luas bangunan)Lt. 02 = Rp. 2.500.000,- / m2 (luas bangunan)


    contact person:081510086612 ( japra suhendi)


    ReplyDelete
    Replies
    1. BERLAKU DAERAH MANA SAJA,DI PAPUA apakah berlaku ?

      Delete
    2. @mas/pak kerry
      Untuk borongan tenaga ga kurang lagi? bisa dinego ga?
      harga material yang dibutuhkan untuk daknya (rumah tumbuh) berapa?
      Terima kasih

      Delete
  9. harga standar bagus lanjutkan,jangan sanmpai harga diturunkan sama pemborong-pemborong baru,,,,,

    ReplyDelete
  10. sip pak lanjutkan harganya cocok,,,jngan sampai di turunkan sama pemborong-pemborong baru....

    ReplyDelete
  11. yakin aq riski juga pemborong makanya dia nyarankan jangan samnpai turun harganya
    koreksi lg aja saran saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Para Pembaca Setia Coba Pakai Rumus BOW / SNI

      Delete
  12. pak ,item nya mahal
    ,
    +material kok murah........?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Para Pembaca Setia Coba Pakai Rumus BOW / SNI

      Delete
  13. Para Pembaca Setia Coba Pakai Rumus BOW / SNI

    ReplyDelete
  14. sip... mantap.. ini baru info

    ReplyDelete
  15. numpang lewat bossss... yang butuh jasa tukang untuk rumah / ruko
    087888336367 dika

    ReplyDelete
  16. Di Up date ya infonya...
    Saya pakai referen untuk bagunan rumah sederhana, dengan harapan hasil pekerjaan seperti real estate.
    Mau ikut di proyek saya?
    Segera saya hbungi
    Thks

    ReplyDelete
  17. hari gini kok masih pkai bow.kuno mas

    ReplyDelete
  18. mohon harga net pak untuk pasang bata
    Pasang Bata merah: 31.280/m2

    Saya sedang bangun rumah, saya gaji tukang 60rb, pembantu tukang 55ribu, 1 tukang dalam 1 hari bisa pasang bata 6-8m2, artinya dalam 1 m2 butuh biaya tukang 14ribu-19ribu rupiah . Orang orang menyarankan disuruh memborongkan karena biaya tukang saya mahal, tolong jika harga bapak bisa dinetkan dibawah 14 ribu, saya diinformasikan, karena jika 31.280/m2 terlalu mahal, jauh lebih mahal dari biaya harian (nyambat sendiri). Mohon maaf tanpa bermaksud membandingkan dengan pekerjaan nyambat harian, tapi saya mencari solusi supaya harian saya lebih murah, 60ribu itu biaya tukang lepas tanpa ngingoni, saya cuma ngasih air putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ini siapa dan dari mana? kok tidak memperkenalkan diri
      kalau itu harga mahal dan igin yang lebih murah ya di kerjakan sendiri pak,
      lha itu daerah mana tidak jelas kalau daerah PAPUA ya pasang bata 31rb tidak masuk, kurang mahal malahan. kalau rumah pribadi juga mahal,ada rumusnya pak. makasih dah mampir

      Delete
  19. kalau tenaga kerja + matrialnya itu hitunganya gimana gan? masalah ketentuan harganya.. tolong beri rincianya yg juelas ya..? thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf untuk daerah mana y?
      ya itu rincian pakai RAB

      Delete
  20. gan kalo harga borongan+matrial minta rincianya yg jelas gan.. thanks..

    ReplyDelete
  21. Baik terima kasih atas replynya, saya yang menanyakan pemasangan bata per m2, saya sedang bangun di kec. Baki sukoharjo, jika per m2 14 ribu - 19 ribu per m2 pasang bata (tukang harian) sudah bapak rasa murah, maka akan saya lanjutkan dengan pengerjaan tukang harian, saya pikir dengan borongan tukang akan lebih murah, ternyata jauh diatas biaya harian tukang. Jika bapak ada penawaran lebih rendah daripada biaya tukang harian saya, tolong saya dikabari karena menurut banyak orang, borongan tukang akan lebih murah dari harian.

    ReplyDelete
  22. kalo dapat borongan yang harganya seperti harga bapak, saya tak ngesub saja. kayaknya harganya bagus banget om

    ReplyDelete
  23. Permisi Numapng nanya,

    Untuk harga borongan bangun /m2 di Jakarta Sekarang berapa ya? Terimakasih

    ReplyDelete
  24. klo dihitung pake SNI dg harga upah & bahan solo jatuhnya memang kemahalan itu mas....coba sampeyan cek dg harga satuan upah & bahan di surakarta...kebetulan sy pegang copy-annya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kemahalan jangan di pakai bos, kalau ada copynya ya di publis aja. maaf kiat bukan paka satuan pemerintah tp pkai yang swasta

      Delete
    2. buat temen2.........harga mahal ato tidak tergantung dengan kualitas yang di pasang, kalo murah borongan tenaganya hasil kurang maksimal malahan bikin rugi, biar mahal borongan tenaga ato plus material yang penting KUALITAS hasil kerjaan, terimakasih

      Delete
    3. Tukang rumah Pribadi sama Tukang di Proyek aja Tukang Minta Harga Bedahehehehe

      Delete
  25. I've been absent for a while, but now I remember why I used to love this web site.
    Thank you, I will try and check back more frequently.
    How frequently you update your site?

    Also visit my webpage carpet and laminate floorings Houston TX

    ReplyDelete
  26. Saya telah absen untuk sementara waktu, tapi sekarang aku ingat mengapa aku dulu suka situs web ini.
    Terima kasih, saya akan mencoba dan memeriksa kembali lebih sering.
    Seberapa sering Anda memperbarui situs Anda?

    ReplyDelete
  27. harga upah perm2 pak kery hampir sama dengan borongan di kaltim.thn 2013.(550rb-600rb/m2).kalau mau murah sebaiknya memakai upah harian. ini jika kita tidak di kejar deadline(karena tidak ada lembur), bisa mengawasi setiap hari progres pekerjaan tukang, punya rencana kerja harian, mingguan, dan bulanan, dan tidak terkendala cuaca. tp kalau ingin pekerjaan cepat selesai dan kita tidak punya waktu untuk mengawasi sebaiknya memakai upah borongan.
    sebagai informasi kalau di kaltim harga rata2 borongan Upah+material: 3,2-3,5 jt/m2. kalau di developer perumahan sktr: 2,8- 3 jt/m2. kalau di proyek gedung bertingkat sekitar 3,5-4 jt/m2.

    ReplyDelete
  28. harga upah perm2 pak kery hampir sama dengan borongan di kaltim.thn 2013.(550rb-600rb/m2).kalau mau murah sebaiknya memakai upah harian. ini jika kita tidak di kejar deadline(karena tidak ada lembur), bisa mengawasi setiap hari progres pekerjaan tukang, punya rencana kerja harian, mingguan, dan bulanan, dan tidak terkendala cuaca. tp kalau ingin pekerjaan cepat selesai dan kita tidak punya waktu untuk mengawasi sebaiknya memakai upah borongan.
    sebagai informasi kalau di kaltim harga rata2 borongan Upah+material: 3,2-3,5 jt/m2. kalau di developer perumahan sktr: 2,8- 3 jt/m2. kalau di proyek gedung bertingkat sekitar 3,5-4 jt/m2.

    ReplyDelete
  29. mahal tidaknya relatip. sundul gan

    ReplyDelete

Jangan Lupa Tinggalkan Pesan anda setelah berkunjung, agar yang lain bisa saling kenal. Terimakasih. jangan lupa di SHARE ya