Search This Blog

Loading...

Cara membongkar keramik lantai yang rusak

Kadang kadang kita mendapatkan keramik kita dalam keadaan cacat setelah beberapa lama, mungkin keramik kita pecah atau tergores oleh benturan atau goresan benda tertentu. Sehingga kita tentu memerlukan perbaikan keramik  atau penggantian keramik supaya ruangan kelihatan tetap indah. Perbaikan keramik lantai mungkin suatu pekerjaan yang agak memusingkan bagi kita, bilama kita kurang mengerti untuk mengerjakannya. Sebetulnya hal ini bisa kita lakukan sendiri dimana kita perlu melakukannya dengan  sebuah  kesabaran dan  teknik pembongkaran yang sesuai. Disamping itu juga untuk mempermudah kita harusa menyediakan    beberapa alat  untuk membongkar keramik lantai . Dan juga hal yang sangat perlu adalah bagaimana keramik tersebut dapat dengan mudah dapat dibuka dengan bantuan bahan aditiv yang cocok dipergunakan.
Langkah pertama dalam proses  membongkar  bagian keramik lantai yang akan dibongkar adalah melepaskan nut keramik pada sisi bagian keramik yang akan dibongkar.  Pemisahan nut dari keramik merupakan hal yang utama dilakukan untuk mendapatkan ruang untuk mendapatkan lapisan  ikatan semen dibawah keramik sehingga jika nut sudah dibuka maka pemisahan keramik dari ikatan semen akan lebih mudah dilakukan dan tidak akan mencederai keramik sisi lainnya.
Ada beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk membuka nut keramik disisi keramik lama :
  1. Membuka nut melalui pemahatan  nat dengan menggunakan pahat kecil.
  2. Membuka nut dengan menggunakan grenda mesin , jenis grenda harus menggunakan grenda jenis pemotong keramik.
Saat melakukan proses pembongkaran keramik ini sering mengandung resiko, sehingga harus dilakukan dengan hati hati dan penuh kesabaran karena dengan mengerjakan yang ceroboh bisa mencederai keramik disisi lainnnya sehinga kita harus membongkarnya juga.
Saat ini sudah ditemukan beberapa bahan kimia (bahan aditif) yang bisa membantu untuk memudahkan pembongkaran keramik.  Salah satu bahan aditif yang biasa digunakan adalah penghancur semen (cement remover). Bahan aditif  ini biasanya ditunagakan di permukaan garisan nut keramik, kemudian di tunggu beberapa saat. Setelah itu kemudian nut akan lebih mudah diphat atau digrenda sehingga untuk pembongkaran keramik akan semakin mudah.
Langkah kedua setelah but keramik sudah terbuka dari sisi keramik adalah melakukan pembukaan keramik supaya terpisah dari lapisan semen dibawah keramik. Alat yang diperlukan adalah pisau scrab/  pisau dempul yang berbentuk  lebar dan kaku . Sebelumnya anda  Caranya adalah pisau  didorong pada sudut bawah keramik diarahkan ke bagian tengah lembaran keramik. Kemudian  Tekan pisau scrab dengan palu secara perlahan. Jika beruntung, keramik  akan terangkat sekaligus. Jika tidak kemungkinan akan terangkat sebahagian atau pecah, sehingga anda perlu mengangkat kembali lapisan keramik yang masih tertinggal.
Langkah ketiga  adalah pembersihan lapisan adukan semen lama, hal ini dilakukan untuk membuat perekat yang baru antara lantai dengan keramik yang akan dipsangkan. Semua lapisan adukan yang lama harus dibuka, anda bisa menggunakan pahat beton untuk menghancurkannya. Kemudian lakukan pembersihan  untuk mengangkat semua lapisan hingga benar benar bersih,  Jika perlu gunakan vacum supaya debu terangkat semuanya. Atau anda bisa menggunakan lap basah  kemudia dikeringkan.

Selanjutnya anda sudah bisa memasangan keramik baru pada lantai yang akan diganti.

Posted by: Ayub Pujiyanto
Ud AURELIA SANJAYA Updated at: Sunday, January 27, 2013

No comments:

Post a Comment

-Jangan lupa di SHARE ya agar info Bangunan ini Bermanfaat bagi orang Lain
-Beri Komentar Anda yang terbaik