Langkah Pembelian Peralatan Bangunan

Mendapatakan  peralatan untuk pekerjaan bangunan mungkin sedikit memerlukan proses yang agak rumit, dimana saat memutuskan peralatan yang akan dibeli akan banyak pertimbangan yang harus diambil, tapi hal yang paling utama dalam mendapatkan peralatan tersebut adalah kelayakan untuk pemakaian baik fungsi dan daya tahannya.  Peralatan yang dibeli harus sesuai dengan kebutuhan dan lebih menyenyangkan jika alat  yang kita beli bermanfaat dan selalu memberikan hasil yang paling mengesankan.
Berikut  beberapa langkah untuk membantu anda saat ingin membeli sebuah peralatan :
  1. Langkah  pertama adalah dimulai dengan menentukan  jenis dan type alat. Pembelian alat untuk kebutuhan pemakaian pribadi (dirumah) tentu  berbeda dengan peralatan yang diperlukan untuk kepentingan proyek. Misalnya ketika anda membutuhkan alat untuk membuat lubang di lantai beton rumah anda. Langkah pertama yang anda lakukan adalah menyimpulkan alat yang perlu dilakukan. Untuk alat yang dibutuhkan adalah bisa menggunakan pahat beton dan palu . Tentu anda mungkin tidak terlalu berat untuk membeli alat kelas industri misalnya menggunakan alat mesin handrill , tetapi saat membeli tentu anda harus mempertimbangkan seberapa sering anda memerlukan alat tersebut. . Tetapi jika anda adalah seorang kontraktor yang  akan sering  memerlukannya untuk keperluan proyek adalah tidak salah jika anda membeli alat sejenis hand drill. Andaharus  pastikan  berinvestasi dalam berbagai alat terbaik untuk program yang yang menunjang pekerjaan anda.Dalam pemilihan type ini anda harus mempertimbangkan sebaik mana alat tersebut dapat bermanfaat baik secara kuantitas pekerjaan dan juga kualitas pekerjaan yang dihasilkan. Anda tidak menginginkan suatu type handrill kecil jika anda dalam pekerjaan akan sering mengerjakan pembongkaran beton yang besar.
  2. Langkah kedua adalah  mempertimbangkan produsen. Hal ini dimaksudkan berhubungan dengan kualitas alat yang akan anda beli. Beberapa alat dengan jenis yang sama akan memberikan harga yang berbeda karena dengan merek tertentu akan mempunyai kualitas yang lebih baik dari merek lainnya. Anda tentu tidak menginginkan pembelian suatu alat dimana hanya bisa terpakai dalam waktu yang singkat sehingga akan anda harus mengeluarkan biaya untuk service atau perbaikan dalam beberapa kali atau mungkin alat yang anda beli akan cepat rusak sehingga anda harus terpaksa membeli alat yang baru.
  3. Langkah ketiga mendapatkan referensi  dan  perbandingan harga peralatan. Saat ini sangat mudah untuk mencari katalok tentang peralatan untuk bangunan, dari katalok kita akan bisa mendapatkan banyak informasi spesifik teknis, cara pemakaian , cara perawatan dan termasuk harga dari suatu peralatan tersebut. Dengan semakain banyak referensi maka kita akan bisa dengan hati hati memutuskan jenis peralatan apa yang akan kita beli. Kadang kita akan menghadirkan suatu kesalahan dimana kita mungkin akan terpengaruh oleh harga yang murah, tetapi suatu alasan yang baik dalam membeli suatu peralatan mungkin perlu kita pikirkan ” anda akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang anda bayar”. Jadi anda tidak perlu terlalu khawatir mengeluarkan harga sedikit lebih jika alat yang anda beli akan menghasilkan sesuatu yang lebih besar.  
  4. Langkah keempat , memikirkan biaya operasional dan perbaikan. Untuk alat alat yang berhubungan dengan mesin , sebelum anda sudah memutuskan alat yang akan anda beli, anda juga harus memikirkan biaya operasional dan biaya perbaikan  yang harus anda keluarkan . Tentu hal ini  harus dipikirkan karena anda tentu tidak mau alat yang anda beli jadi barang simpanan  begitu saja di rumah anda, dimana anda jarang memakai peralatan oleh biaya yang cukup besar. Juga anda harus memperhatikan peralatan dimana jika terjadi kerusakan sesuatu bagian dari peralatan apakah akan membutuhkan biaya yang cukup besar atau tidak. Dan juga anda harus memastikan ke penjual bahwa bahan spare part dari peralatan tersebut akan mudah didapatkan.
  5. Langkah Kelima, Jaminan atau Garansi. Anda harus memastikan garansi alat yang anda beli  baik garansi perawatn dan pergantian komponen. Jika anda kesuliatan mendapatkan garansi terhadap alat yang akan anda beli mungkin anda bisa mengambil keputusan lainnya untuk membeli merek lain yang bisa memberikan masa garansi.  Pastikan peralatan anda mendapatkan garansi perawatan setidaknya paling lambat 1 tahun.
Semoga bermanfaat !!!

Posted by: Ayub Pujiyanto
Ud AURELIA SANJAYA Updated at: Sunday, January 27, 2013

No comments: